Bagi pria selain wajah, rambut merupakan elemen yang penting untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Rambut kuat dan sehat tentunya merupakan dambaan semua pria bukan?. Namun sekarang ini banyak pria yang mengeluh karena rambutnya mudah rontok. Kerontokan rambut dapat disebabkan karena factor genetika, hormone, obat-obatan, penyakit, infeksi bakteri dan jamur, stress, diet, proses kimia, dan bertambahnya usia.

Androgenetic Alopecia merupakan jenis kerontokan rambut yang sering terjadi pada pria. Kerontokan ini terjadi karena factor genetic, yang ditandai dengan penurunan garis rambut pada dahi, serta kebotakan pada pelipis dan ubun-ubun atau puncak kepala.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Pria Secara Alami

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan. Cara mengatasi rambut rontok untuk pria secara alami dapat dijadikan pilihan utama untuk mengatasi kerontokan rambut anda. Cara ini terbilang aman, sehat, murah, dan bahannya pun mudah di dapatkan. Beberapa bahan yang dapat kita gunakan sebagai berikut.

  1. Putih Telur

Ambil satu butir telur ayam mentah. Pisahkan putih telur dan kuning telurnya. Kocok putih telur hingga mengeluarkan busa. Oleskan pada rambut secara merata. Tunggu sampai 10 menit. Bilas dengan shampoo sampai bau amisnya hilang. Lakukan 2 kali dalam seminggu.

  1. Lidah Buaya

Ambil lidah buaya yang sudah besar. Potong jadi dua. Usapkan lendir yang terdapat pada daging lidah buaya ke rambut dan kulit kepala. Pijat dengan lembut agar meresap, tunggu hingga 15 menit. Bilas dengan shampoo hingga bersih.

  1. Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk manusia. Kandungan zat yang terdapat pada madu dipercaya dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal konsumsi madu secara rutin dan pilih madu yang alami.

  1. Teh Hijau

Seduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat kemudian basahi rambut dengan air teh secara merata. Pijat lembut dan diamkan sampai 1 jam. Bilas sampai bersih. Teh hijau dapat memperkuat akar rambut.

  1. Alpukat

Ambil daging alpukat dan haluskan. Gunakan untuk masker rambut secara merata. Diamkan 20 menit. Bilas sampai bersih.

  1. Minyak Kemiri

Sudah sejak jaman dahulu minyak kemiri dipercaya dapat meningkatkan kesehatan rambut. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyangrai kemiri, tumbuk hingga mengeluarkan minyak, setelah itu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Jeruk Nipis

Selain berguna untuk mencerahkan wajah, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Usapkan potongan tersebut pada akar rambut. Tunggu hingga 20 menit. Bilas sampai bersih.

  1. Minyak Cabai

Minyak cabai mengandung bahan aktif capasaicin yang berguna untuk memperlancar peredaran darah. Dengan menggosokkan minyak cabai di kulit kepala dapat menstimulasikan peredaran darah sehingga rambut dapat tumbuh sehat dan lebat.

  1. Bawang Merah

Di dalam The Journal of Dermatology menyebutkan bahwa 20-23 orang yang mengoleskan jus bawang merah ke rambut dan kulit kepalanya selama 2x sehari, dalam waktu 6 minggu dapat terlihat adanya pertumbuhan rambut yang cepat. Hal ini terjadi karena bawang merah mengandung falvonoid yang bersifat anti inflamasi yang dapat membuat rambut kembali subur.

  1. Air Kelapa

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa minyak kelapa dapat mengatasi kerontokan rambut. Pilih kelapa yang masih muda kemudian gunakan air kelapa terebut untuk keramas. Lakukan secara rutin sampai diperoleh hasil yang di inginkan.

  1. Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat meningkatkan kolagen yang berguna untuk memperkuat pembuluh darah untuk kesehatan batang rambut. Vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk nipis, kiwi, jeruk, dan papaya. Selain itu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengadung vitamin C dapat mengurangi kerontokan rambut akibat radikal bebas.

Baca Juga : Cara Perawatan Rambut Kering dengan Bahan Alami