Setiap perempuan pasti memiliki rahasia perawatan rambut yang tepat untuk dirinya sendiri. Sebab tak pisa dipungkiri lagi, rambut adalah mahkota kecantikan seorang perempuan. Sayangnya, masalah rambut sering kali terjadi. Entah itu masalah rambut rontok, masalah rambut kering, masalah rambut berketombe maupun masalah rambut bercabang.

Untuk mengatasi berbagai masalah rambut tersebut, kita bisa menggunakan bahan kimia ataupun menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan modern biasanya memiliki kelebihan terkait dengan waktu pengobatan yang relatif lebih cepat. Sementara bahan alami, biasanya lebih aman digunakan ketimbang bahan kimia.

Nah, bagi kamu yang lebih suka menggunakan bahan alami, berikut beberapa bahan alami yang ternyata berkhasiat untuk rambut yang kita miliki. Oleh karenanya, yuk simak bahan alami apa saja yang dapat digunakan sebagai pencegah atau mengatasi rambut rusak.

  1. Bonggol pisang ambon

Selain buahnya bagus untuk kesehatan, ternyata bonggol pisang juga dapat mengatasi kerusakan rambut. Namun, tidak semua jenis pisang yah guys, hanya bonggol pisang Ambon saja. Bonggol pisang ambon ini bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang.

Ambil bonggol pisang, cuci hingga bersih, kemudian tancap dengan garpu hingga keluar airnya. Gunakan air tersebut untuk melumasi rambut serta kulit kepala kamu sobat. Selain itu, bonggol pisang ambon juga bisa kita gunakan untuk perawatan rambut yang aman.

  1. Daun pare

Cara mengatasi kerusakan rambut yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun pare. Khasiatnya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, menyuburkan, menyembuhkan gatal dan lainnya. Selain itu juga bisa kita gunakan untuk perawatan rambut berketombe.

Blender daun pare, kemudian campurkan dengan air hangat dan beberapa tetes minyak zaitun. Gunakan sari daun pare tersebut untuk membasahi rambut dan kulit kepala, lakukan pemijatan selama 30 menit dan keramaslah dengan air bersih.

  1. Daun kangkung dan minyak zaitun

Mindset orang mendengar kangkung pasti akan di hubungkan dengan ngantuk. Padahal kangkung dapat merawat rambut kamu, karena daun kangkung yang dicampur dengan minyak zaitun ini ampuh dalam menghilangkan gatal dan ketombe. Selain itu juga menjadi bentuk perawatan rambut rontok yang bagus.

Seduh daun kangkung tua dengan air panas, angkat daunya lalu remas hingga hancur. Kemudian campurkan minyak zaitun, balurkan pada rambut, serta diamkan 20 menit dan keramasi rambut kamu.

  1. Buah mengkudu

Untuk mengembalikan kutikula rambut yang rusak akibat pengeritingan, hanya menggunakan buah mengkudu rambut kamu akan sehat kembali.

Ambil buah mengkudu yang tua dan cucilah dengan air jeruk lemon hingga bersih, potong dan blender, kemudian gunakan sebagai masker dan cremabath alami. Diamkan hingga 30 menit kemudian keramaslah dengan air hangat.

  1. Daun muda jambu biji

Rambut kamu rontok, mudah patah dan bercabang? Malu bukan, jika rambut kamu terlihat kurang perawatan? Tidak usah terlalu sedih dan minder. Mulailah perawatan rambut kering dan patah dengan daun muda jambu biji dengan biaya yang sangat murah bahkan bisa dibilang gratis.

Blender daun muda jambu biji, lalu gunakan untuk creambath, lakukan pijatan hingga 20 menit, kemudian keramasi rambutmu itu.

  1. Air kelapa hijau

Selain enak untuk diminum airnya, ternyata air kelapa hijau ini banyak dicari orang untuk perawatan rambut kering kusam bercabang loh. Bagaimana cara mengatasi rambut rusak dengan air kelapa hijau?

Ambil air kelapa hijau dan tempatkan pada wadah yang cukup besar, diamkan selama 24 jam. Gunakan untuk membasahi rambut kamu serta tunggu hingga 30 menit kemudian keramaslah dengan air bersih.

  1. Daun orang aring

Ada banyak manfaat yang dapat di berikan oleh daun orang-aring untuk rambut kamu. Diantaranya mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah tumbuhnya uban di usia dini, menghilangkan jamur dan juga sebagai bentuk perawatan rambut kering berketombe.

Ambil daun orang-aring yang cukup banyak beri sedikit air dan rebuslah hingga mendidih. Dinginkan air rebusan tadi, lalu oleskan pada seluruh batang rambut.

  1. Akar ginseng merah

Menggunakan produk perawatan rambut yang terdapat kandungan zat kimianya, justru memicu terjadinya kerusakan rambut loh. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut gunakanlah akar ginseng merah. Termasuk juga bisa kita gunakan untuk mengatasi rambut rontok akibat pewarna.

Ambil ginseng merah secukupnya, cuci bersih dan potong. Rebuslah hingga mendidih, gunakan air rebusan tadi untuk membasahi rambut dan pijat kulit kepala secara perlahan. Jangan lupa diamkan selama 1 jam, kemudian keramasilah hingga bersih.

  1. Daun seledri

Kamu ingin mempunyai rambut yang cepat tumbuh atau panjang? Gunakan saja perawatan rambut dengan daun seledri. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, pasalnya daun seledri ini berguna pula mengusir ketombe.

Caranya dengan menghaluskan daun seledri, kemudian mengusapkannya pada seluruh bagian kepala. Diamkan hingga 30 menit dan bilaslah dengan air hangat.

  1. Santan

Ingin memiliki rambut lembab dan sehat? Jangan khawatir, karena dengan menggunakan bahan alami berupa santan maka rambutmu menjadi lembab dan juga tidak mudah rontok. Bahan ini, juga di kenal sebagai bahan untuk perawatan rambut kering dengan cara tradisional.

Pilihlah kelapa yang sudah tua, kemudian parut dan ambil airnya untuk dijadikan cream atau masker rambut. Pijat secara perlahan selama 20 menit kemudian keramaslah dengan air bersih.

  1. Minyak biji wijen

Selain untuk membuat rambut hitam berkilau, ternyata minyak biji wijen juga berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan rambut akibat sinar UVA dan UVB.

Sangrailah biji tua wijen, kemudian hancurkan untuk diambil minyaknya. Oleskan sambil dipijat perlahan hingga 30 menit, terakhir keramaslah dengan bersih.

  1. Bawang merah

Merawat rambut kering dan rontok dengan bawang merah perlu kamu lakukan guys. Jadi, selain sebagai penyedap makanan bawang merah berkhasiat pula untuk rambut.

Haluskan bawang merah dengan memblendernya, oleskan pada kulit kepala selama semalam penuh, kemudian keramaslah esok harinya dengan air hangat.

  1. Minyak kemiri

Untuk menghitamkan dan menebalkan rambut, kamu dapat menggunakan bantuan minyak kemiri guys. selain itu, ini juga menjaga akar rambut tetap kuat dan sehat. Minyak kemiri juga dikenal sebagai bahan untuk perawatan rambut kering dan bercabang secara alami.

Caranya yaitu dengan membakar kemiri, kemudian tumbuklah dan masukan dalam kain tipis dan peras. Oleskan minyaknya pada kulit kepala serta pijat perlahan. Jangan lupa diamkan 2o menit dan keramaslah hingga bersih.

  1. Teh hijau dan air jeruk nipis

Memang sudah dari zaman nenek moyang kita, bahwa jeruk nipis biasa digunakan untuk mengatasi masalah rambut. Pasalnya jeruk nipis ini dapat memperkuat akar rambut, mencegah rambut patah dan rontok.

Cara perawatannya yaitu dengan menyeduh teh hijau, kemudian teteskan air jeruk nipis, dan aduklah campuran tersebut. Setelah itu, oleskan diseluruh kulit kepala kamu dan pijat perlahan selama 30 menit.

  1. Alpukat dan madu

Selain dapat dijadikan jus yang segar, ternyata alpukat juga dapat mengatasi kerusakan rambut loh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan alpukat yang sudah tua kemudian di campur dengan madu.

Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk creambath rambut kamu selama 30 menit. Lalu keramaslah rambut tersebut dengan air bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang ada di sekitar kita yang bisa kita gunakan sebagai bahan perawatan rambut secara alami. Yang pasti gunakan secara teratur dan tepat.