Tidak peduli apapun jenis kulitnya, semua orang sepanjang hidupnya pasti pernah sesekaliĀ  mengalami keadaan dimana kulitnya sangat kering, bahkan terkesan bersisik. Tentu hal ini bisa mengganggu kepercayaan diri. Apalagi jika itu dibagian wajah, pasti akan sangat sulit untuk disembunyikan, malah yang ada justru bisa menimbulkan masalah baru lagi.

Jika anda mengalami kulit kering dan bersisik di tubuh anda, pastinya anda membutuhkan solusi yang cepat dan tepat, nah berikut kali rangkum beberapa perawatan tubuh alami yang juga bisa dilakukan dirumah sendiri untuk kulit kering bersisik :

  1. Mandi Atau Kompres Dengan Air Hangat

Perawatan yang pertama adalah dengan mandi air hangat atau biasa disebut suam-suam kuku. Namun usahakan jangan terlalu lama, wlalupun pasti nyaman sekali mandi dengan air hangat. Hal ini karena air panas dapat melucuti minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh, sdangkan minyak alami berguna utuk menjaga kelembaban kulit agar tetap halus dan lembab. Dermatologis menyarankan agar mandi air hangat usahakan tak lebih dari 5-10 menit.

Sebgai alternatifnya, anda juga bisa mengompres kulit yang kering dan bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan kain atau handuk kecil bayi yang bersih, lalu celupkan pada air hangat, gosok pada kulit yang kering untuk mengangkat kulit yang mati. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab pada tubuh. Ulangi cara ini bila perlu beberapa kali dalam sehari.

  1. Gunakan Sabun Pembersih Yang Tidak Menguras Kelembaban Kulit

Untuk perawatan kulit yang kering, anda bisa menggunakan produk sabun yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate. Hal ini karena bahan tersebut bisa mengurangi kelembaban kulit. Sebaiknya anda menggunakan produk yang bebas dari pewangi dan pewarna, dan disertai dengan label Moisturizing.

  1. Mengeringkan Tubuh Dengan Baik

Anda mungkin berpikir jika membiarkan wajah tetap basah setelah mandi bisa meningkatkan kelembaban kulit. Salah besar, karena justru itu akan membuat kulit anda akan lebih kering dari sebelumnya.jadi, lebih baik setelah mandi Anda mengeringkan kulit dengan baik. Gunakan handuk yang bersih dan lembut untuk mengeringkan kulit. Jangan gunakan handuk kasar karrna akan menyebabkan gesekan antar kulit dan bisa menyebabkan kekeringan lebih lanjut, dan bahkan iritasi. Dan jka mengeringkan bagian wajah lebih baik ditepuk-tepuk, jangan digosok untuk menghindari jika ada gesekan tersebut.

  1. Mengoleskan pelembab dengan tepat

Perawatan berikutnya adalah dengan menggunakan pelembab kulit. Pelembab ini berguna untuk meningkatkan kelembaban kulit. Oleskan [elembab tebal tebal dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya 2 kali sehari, pagi dan malam. Pilihlan pelembab yang ringan dan nonkomedogenik.

Menurut saran Lesli Baumann, MD direktur kosmetik kedoktran di University of Miamy, seperti dilansir di WebMD, untuk melembabkn kulit Anda bisa menggunakan produkĀ  yang mengandung shea butter, ceramides, assam stearate, atau gliserin. Sedangkan menurut Cheril Karcher, MD, dokter kulit asal New York, seperti dilansir pada How Stuff Works, anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam laktat. Hal ini karena asam laktat dapat membantu menghilangkan lapisan teratas kulit kering yang bersisik serta dapat menembus lapisan sehat dibawahnya

Jika kulit anda kering sepanjang hari. Anda mungkin perlu memoleskan pelembab berkali-kali dalam sehari. Hindari menggunakan bahan berbasis alcohol spserti astringernt atau toner, ini karena bahan tersebut dapat mengurangi kelembaban kulit Anda.

  1. Menggunakan Masker Wajah Buatan Sendiri

Sebaiknya sementara waktu. Anda perlu menghindari peeling wajah yang bertekstur kasar atau masker wajah tanah liat. Karena ini bisa sangat mengurangi kelembaban kulit Anda.

Sebagai gantinya, anda bisa membuat alternative lain yaitu dengan menggunakan masker alami buatan sendiri untuk mengatasi masalah kulit kering dan bersisik. Caranya? Anda bisa menggunakan alpukat dan madu sebagai banahnnya. Kombinasi alpukat dan madu merupakan sumber dari streolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan pada kulit. Pertama anda bisa menumbuk halus alpukat dan aduk secara merata beserta sesendok madu menjadi sebuah pasta yang lembut. Lalu gunakan bahan tersebut untuk masker pada wajah. Anda bisa membalurkannya pada kulit yang kering dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Selain itu ada kombinasi lain yang bisa dijadikan masker yaitu antara pisang dan yogurt. Kombinasi ini sangat bermanfaat, karena tidak hanya meningkaatkan kelembaban kulit, namun juga bisa mengelupas sel-sel mati. Caranya hampr sama, yaitu, tumbuk halus pisang dan aduk rata bersama dengan sesendok yogurt. Jadikan bahan ini untuk masker dengan cara membalurkannya pada area yang kering. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hingga bersih.

Atau anda juga bisa menggunakan tanaman lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya tebal-tebal pada daerah kulit kering bersisik. Tunggu hingga 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan kulit dan mengolesinya lagi dengan pelembab kulit.

  1. Mengoleskan Kulit Dengan Petroleum Jelly

Perawatan berikutnya adalah dengan menggunakan petroleum jelly. Petroleum jelly cocok digunakan karena bahan ini ini bisa mempertahankan kelembaban dan membantu mengatasi kekeringan pada kulit.

Umumnya, kulit akan mengeluarkan minyak alami untuk menjaga agar tidak kekeringan. Nah, pertroleum jelly bertindak sebagai humektan yang fungsinya untuk menarik dan menyegel kelembaban di dalam kulit. Meski teksturnya tampak kental dan lengket bisa menutup pori-pori, namun petroleum jelly sebenarnya molekul yang terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit.

Atau anda juga bisa menggunakan minyak organic, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Kaena minyak-minyak ini cenderung lenih baik dalam memerangkan kelembaban kedalam kulit jika dibandingkan dengan berbagai krim yang saat ini tersedia di pasaran.

  1. Mengoleskan Dengan Tabir Surya

Salah satu penyebab kulit kering bersisik adalah karena panasnya matahari. Anda bisa mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya broad spectrum ber SPF 30. Ini bisa anda lakukan setiap kali anda akan keluar rumah.

Selain itu juga bisa didukung dengan menggunakan pakaian yang tepat. Seperti pada cuaca panas gunakan pakaian yang longgar dan ridak terlalu tebal. Dan jika cuaca dingin gunakan pakaian yang tebal berlapis dengan bahan menyerap keringat untuk mencegah kepanasan atau berkeringat secara berlebih, karena itu bisa mengiritasi kulit. Di cuaca dingin, anda bisa menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya SPF 15 , serta tutupi bibir anda dengan masker.

Baca Juga : Cara Alami Perawatan Tubuh Agar Putih Dan Mulus